PROGRAM LAIN

Peningkatan Kualitas Pendidikan Dasar dan Menengah


Sejatinya, kualitas pendidikan tidak mungkin melebihi kualitas pengajarnya. Filosofi itulah yang mendasari semangat PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. dan Djarum Foundation untuk memberikan pembekalan bagi guru-guru di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah melalui Program Peningkatan Kualitas Pendidikan melalui Pembelajaraan Aktif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan (PAKEM).

Program ini dilaksanakan atas kerjasama PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. melalui inisiatif 'BNI Sahabat Sekolah'dan Djarum Foundation. Pada program yang telah berjalan sejak tahun 2012 lalu ini, terdapat 2 kegiatan utama, yaitu "Peningkatan Kualitas Tenaga Pendidik dan Kependidikan" untuk Sekolah Dasar (SD) serta "Pemberdayaan Master Teachers" untuk Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama (SLTP).

Pada tingkat Sekolah Dasar (SD), program ini diberikan dalam bentuk pelatihan dan pendampingan bagi guru dan kepala sekolah. Melalui program ini, para guru mendapatkan pelatihan Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan (PAKEM), yang tujuannya memberikan kesempatan kepada siswa untuk berpartisipasi aktif di dalam proses pembelajaran, mendorong siswa untuk bereskplorasi, dan proses pembelajaran yang menyenangkan untuk menghasilkan siswa-siswi aktif, kreatif, cinta akan belajar, tangguh dan unggul di bidangnya masing-masing. Untuk Kepala Sekolah, program ini memberikan pelatihan tata kelola dan tata layanan pendidikan, sehingga mereka mampu menjadi seorang pemimpin (leader) dan pengelola (manager) yang handal dalam membuat suasana pembelajaran yang baik di sekolah.